Posts

edwin gallery

5 Wisata di Kemang yang Menarik dan Edukatif

Membahas wisata Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih hampir setiap orang memerlukan tempat wisata untuk merefresh diri dari rasa penat akibat pekerjaan yang menguras tenaga.

Ada pula yang sengaja berwisata supaya dapat meluangkan waktu bersama anak di waktu libur panjang sekolah. Meskipun demikian, pastikan menjadi orang tua yang selektif saat mengajak anak berlibur.

Pertimbangkan tempat wisata tersebut tidak hanya untuk bersenang-senang, tapi juga melatih kecerdasan si kecil dengan sarana edukasi yang diberikan. Salah satu tempat edukatif yang dapat Bunda jadikan sebagai pilihan adalah 5 wisata edukatif yang berada di Kemang berikut ini.

Edwin Gallery

edwin gallery
Sumber: instagram.com/@edwinsgalleryjkt

Si kecil merupakan peniru ulung. Apa yang ia lihat dan dengar, maka itulah yang akan terekam olehnya. Lama-kelamaan si kecil akan mengikutinya hingga melekat dan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan.

Apabila kebiasaan baik tidak masalah. Namun, bagaimana jika yang direkamnya suatu perbuatan yang tidak seharusnya? Tentu Bunda yang akan pusing untuk kembali meluruskan apa yang ada dibenak si Kecil. Prosesnya juga tidak instan.

Sebagai Bunda yang bijak, Sebaiknya apapun yang akan dilakukan si Kecil harus diperhatikan secara seksama. Ada baiknya memberikan wisata yang tidak hanya untuk kesenangan tapi juga memberikan didikan yang positif.

Wisata yang ada dikemang ini sangat kami rekomendasikan untuk Bunda gunakan sebagai sarana bermain dan belajar. Kenapa demikian? Karena tempat ini dapat mengenalkan seni yang dipamerkan di Gallery.

Lokasinya berada di Jalan Kemang Raya nomor 21, Bangka, Mampang Prapatan. Buka pada hari Senin-Sabtu pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Didirikan oleh Edwin Rahardjo pada tahun 1984 yang merupakan seorang fotografer sekaligus kolektor film.

Selain mengasikkan, Bunda dan si Kecil dapat mempelajari makna dibalik ratusan benda seni yang telah dipajang di Gallery. Pastinya sangat menarik dan edukatif sekali.

Museum Satriamandala

museum satria mandala
Sumber: Google Business (by I. Farid Iskandar)

Wisata edukatif berikutnya adalah Museum Satriamandala. Beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 16, Kuningan Barat, Mampang Prapatan. Sudah dapat dikunjungi mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Menariknya dari tempat ini terdapat beragam koleksi perjuangan mulai dari zaman perjuangan hingga pasca kemerdekaan Indonesia. Diantaranya berupa senjata berat maupun yang ringan, panji-panji atau lambang perjuangan TNI, beberapa pesawat terbang.

Terdapat pula 74 diorama bersejarah yang teramat berharga. Salah satunya diorama perihal pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 Agustus. Masih banyak lagi hal-hal menarik dan edukatif dari Museum Satriamandala.

Bunda tidak perlu ragu mengajak si Kecil kesini. Nantinya semangat patriotisme dan nasionalisme akan tumbuh dengan sendirinya apabila melihat isi bersejarah dari zaman sejak dulu kala yang sangat menyenangkan untuk diketahui oleh si Kecil.

Hadiprana Art Center

hadiprana gallery
Sumber: instagram.com/@hadipranagallery

Lokasi Hadiprana Art Center berada di Jalan Kemang Nomor 30, Bangka, Mampang Prapatan. Dikatakan sebagai tempat wisata yang edukatif lantaran menyediakan sebuah kelas untuk dewasa maupun anak-anak.

Bunda dapat mendaftarkan buah hati untuk mengikuti kelas yang dilaksanakan pada saat weekend. Dijamin semua anak akan menyukai tempat ini. Biarkan mereka bebas untuk berkespresi mengerahkan seluruh kemampuan seninya.

Nantinya apabila sudah dapat melihat hasil coretan mereka, Bunda dapat terus mengembangkan bakat yang dimiliknya secara intensif. Tempat yang sangat seru bagi buah hati Bunda ini buka pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Hadiprana tidak beroperasional di hari minggu. Jadi, Bunda dapat datang di hari sabtu sesuai jam yang telah ditentukan.

Museum di Tengah Kebun

museum di tengah kebun
Sumber: Google Business (by Arwani Suratman)

Museum di Tengah Kebun berada di Jalan Kemang Timur Nomor 66, Tepatnya d iBangka, Mampang Prapatan. Buka setiap hari Sabtu sampai Minggu pukul 09.30-15.00 WIB. Sama seperti museum lainnya, museum ini menyimpan ribuan koleksi bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana bermain sambil belajar.

Hebatnya museum ini tidak memungut biaya sepeserpun bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya. Sungguh suatu kebahagiaan ketika dapat mengunjungi wisata ini. Selain mendapatkan kesenangan juga membawa pulang ilmu pengetahuan.

Museum ini sangat sejuk. Bunda dapat membawa rombongan sebanyak 12 orang. Namun, ada baiknya untuk melakukan proses booking terlebih dahulu karena sangat banyak sekali peminatnya. Pastikan dalam keadaan bugar, sebab Bunda dan rombongan harus menempuh kebun sepanjang 60 meter dan lebar 7 meter sebelum sampai ke bangunan utama.

Dia.Lo.Gue

dia.lo.gue kemang
Sumber: dialogue-artspace.com

Dari namanya cukup mengundang penasaran bagi siapa saja yang mendengar Dia.Lo.Gue yang dirancang oleh arsitek terkenal bernama Andra Matin. Pengunjung yang ingin mengunjungi galeri seni ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

Mengusung konsep tropis modern yang menenangkan. Tempat ini juga memiliki keunikan tersendiri. Terdapat studio desain, kafe dan toko pernak-pernik yang akan memanjakan pengunjung.

Letaknya strategis dan mudah untuk diakses. Berada di Jalan Kemang Selatan nomor 99A, Bangka, Mampang Prapatan. Buka setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu, pukul 09.30 sampai 18.00 WIB. Disini Bunda dan si Kecil dapat menyaksikan seniman yang memperkenalkan seni secara lebih dekat.

Nah, Bunda mulai bingung bukan menentukan wisata edukasi mana yang akan dimasukkan dalam list wisata berikutnya. Supaya lebih afdol, Bunda dapat mengunjunginya satu per satu menyesuaikan waktu libur si Kecil. Selamat belajar sambil bermain!

Jika Anda sedang mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau di sekitar Kemang, yuk segera booking Liberta Hotel Kemang sekarang juga. Terletak strategis di Kemang, Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.