Salah satu kawasan tempat wisata yang paling viral dan banyak diburu oleh wistawan adalah Malioboro. Tempat wisata ini telah tersohor di seluruh penjuru Indonesia. Lokasinya berada di Yogyakarta. Malioboro memiliki daya tarik yang kuat karena tempatnya yang Aesthetic.

Tidak hanya itu saja, banyak wisatawan yang rela mengeluarkan lembaran rupiah demi berbelanja di tempat ini. Mulai dari makanan tradisional hingga modern khas Jogja tersedia disini. Termasuk oleh-oleh yang kerap dijadikan sebagai buah tangan bagi kerabat dan lainnya.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa berada di Malioboro memiliki kesulitan tersendiri yang dirasakan semua wisatawan yang membawa kendaraan. Sulitnya mencari tempat parkir menjadikan wisatawan kebingungan.

Nah, bagi kamu yang juga tertarik untuk mengunjungi Malioboro, berikut ini kami paparkan 7 lokasi parkir di sekitar Malioboro yang paling strategis sehingga dapat mengatasi kesulitan kamu ketika berada disini.

Malioboro Mall

malioboro mall
Sumber: malmalioboro.co.id

Salah satu tempat parkir yang paling strategis yakni Malioboro Mall. Menyediakan parkir yang cukup luas dan aman tentunya bagi pengunjung Malioboro. Cocok banget bagi kamu yang malas berjalan jauh.

Parkirannya selalu rapi dan penjaga parkirnya ramah banget loh. Buka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tarifnya sangat terjangkau hanya 2.000 rupiah saja pada jam pertama. Untuk per jam selanjutnya akan dikenakan tambahan tarif sebesar 1.000 rupiah.

Kampung Ketandan

Tidak perlu bingung apalagi panik, pengunjung Malioboro dapat memarkirkan kendaraannya di Kampung Ketandan. Tempat ini cukup strategis dan potensial. Berada di Jalan Ketandan Wetan serta dapat menampung sekitar 500 sepeda motor.

Parkir Ketandan sering disebut sebagai parkir Malioboro III yang siap menampung pengunjung terutama pada saat libur panjang. Tarif parkir sebesar 3000 rupiah per motor. Buka mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Taman Abu Bakar Ali

taman abu bakar ali
Sumber: Google Business (Street View)

Selanjutnya ada Taman Abu Bakar Ali yang dapat dijadikan sebagai tempat parkir ketika berada di Sekitar Malioboro. Area parkirnya sangat luas, dipastikan dapat menampung kendaraan dalam jumlah banyak.

Areanya yang luas sehingga mampu menampung 4000 kendaraan. Kebayang dong seluas apa tempat parkirnya? Tarif parkir yang dipatok disini juga terjangkau hanya 3.000 rupiah. Mulai beroperasional pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

Perihal keamanan tidak perlu diragukan lagi. Pengunjung dapat berbelanja dengan aman dan nyaman tanpa harus memiliki rasa was-was akan kendaraannya karena sudah ada di tempat parkir yang aman terkendali.

Benteng Vredeburg

Berbeda dengan Parkir Ketandan, parkir Benteng Vredeburg buka lebih lama pada pukul 09.00 WIB dan akan tutup pukul 22.00 WIB. Tentunya tempat parkir ini tak kalah luas dengan yang lainnya. Dapat menampung pengunjung yang akan ke Malioboro. Setiap sepeda motor yang parkir akan dikenakan 3.000 Rupiah.

Parkir Stasiun Tugu

parkir stasiun tugu
Sumber: Google Business (by Jefry Noor Aulia)

Kini parkir stasiun tugu bertambah luas. Umumnya menyediakan dua tipe parkir yakni harian dan inap. Yang dimaksud dengan inap adalah parkir ketika seseorang yang dengan sengaja memarkirkan motornya lebih dari satu hari.

Parkir Inap dikenakan tarif 16.000 Rupiah per hari. Sedangkan yang ingin parkir harian hanya 3.000 Rupiah di jam pertama. Selanjutnya akan dikenakan 1.000 Rupiah, maksimal 8.000 Rupiah.

Ramai Mall

Sama seperti namanya, Ramai Mall selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak menjejakkan kakinya di Malioboro. Tempatnya bersih dan juga cukup luas. Buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Tarif parkir per motor dipatok 3.000 rupiah saja. Lokasinya berada di Jalan Beskalan, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan. Tempat parkir andalan pengunjung Malioboro ini sudah ada sejak lama. Bahkan terbilang sebagai tempat parkir legend.

Selatan Pasar Beringharjo

Pengunjung Malioboro yang bingung mencari tempat parkir dapat memilih Selatan Pasar Beringharjo sebagai alternatif parkir yang tepat. Mulai beroperasional pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Tempat parkir ini khusus kendaraan bermotor saja. Pengunjung akan dikenakan tarif 2.000 Rupiah.

Kini pengunjung tidak akan kebingungan lagi mencari tempat parkir ketika berada di Malioboro. Dari ketujuh tempat parkir yang kami rekomendasikan, kamu dapat memilih salah satunya. Pastikan kendaraan kamu ada pada tempat yang aman!

Bagi Anda yang sedang mencari penginapan nyaman dengan harga terjangkau di sekitar Malioboro, yuk segera booking Liberta Hotel Jogja sekarang juga. Terletak strategis di Malioboro, Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.