Beberapa hotel mungkin menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya mesin ketel kopi yang biasanya digunakan untuk membuat kopi hitam.  Apabila sudah sering check-in di hotel pasti sudah tau bagaimana bentuk dari mesin ketel kopi.

Mesin ketel kopi adalah mesin yang digunakan untuk membuat kopi, biasanya mesin ketel ini juga terdapat pada cafe tertentu. Nah, Sebelum membuat kopi dengan alat tersebut sebaiknya perhatikan terlebih dahulu akan kebersihan alatnya.

Dikhawatirkan mesin ketel kopi jarang dibersihkan sehingga menumpuk kuman dan tentunya akan berpengaruh pada kualitas kopi yang dibuat. Oleh karena itu, pastikan mesin dalam keadaan benar-benar bersih. Bila perlu konfirmasikan pada pihak hotel.

Berdasarkan pengalaman salah satu pengunjung hotel yang menceritakan pengalaman buruknya tentang mesin ketel kopi hotel, bahwa tidak semua mesin ketel layak digunakan. Ia mencurahkan segala pengalamannya di Reddit. Dalam postingannya itu menyertakan gambar mesin ketel kopi dengan caption ” contoh mengapa kalian jangan memakai mesin ketel di hotel…”

Tentu saja postingan tersebut menarik simpati dari masyarakat yang membacanya. Mereka penasaran sebenarnya apa yang terjadi pada mesin tersebut. Lalu pengunjung menjelaskan bahwa mesin ketel kopi yang disediakan di hotel sangatlah kotor, tak hanya itu ada pula noda jamur di dinding mesin seperti tidak pernah dibersihkan.

Yang bikin tambah geramnya adalah jawaban dari salah seorang yang pernah bekerja di hotel bahwa mesin tersebut memang tidak pernah dibersihkan sama sekali. ” Benda-benda itu tidak pernah dibersihkan” ucapnya di postingan tersebut. Namun bagi orang yang sudah sering ke hotel, pemandangan tersebut sudah biasa.

Bahkan seorang pakar hotel juga ikut menanggapi dengan berkomentar ” hal pertama yang harus diperiksa ketika ke kamar hotel adalah mesin ketel kopinya” ucapnya. Mesin ketel kopi yang kotor menandakan bahwa kamar kurang mendapat perhatian dari pengelola hotel.

Jika melihat hal tersebut tentu saja lebih baik minum kopi di cafe kopi daripada membuatnya di hotel. Menurut ketua Departemen Kedokteran Rumah Sakit Nassau Selatan Aaron Glatt mengatakan bahwa segala peralatan yang berhubungan dengan makanan pasti akan beresiko terhadap kesehatan.

Semua makanan umumnya berpotensi menjadi terkontaminasi dengan alat yang digunakan saat mengolahnya. Begitu pula dengan mesin ketel, bersih atau tidaknya tentunya akan mengkontaminasi si kopi. Bukannya rileks karena minum kopi malah jadi sakit karena terkontaminasi bakteri.

Sebenarnya kunci utama mengatasi masalah tersebut adalah dengan meningkatkan kebersihan kamar hotel terutama pada mesin ketel kopi. Bersihkan mesin setiap selesai digunakan agar sisa kopi yang tertinggal tidak mengerak dan menjadi sarang bakteri. Kegiatan membersihkan tersebut bermanfaat untuk mencegah adanya jamur yang tumbuh di mesin ketel.

Lantas bagaimana cara membersihkannya? cukup mudah dan sederhana yaitu dengan menyiapkan alat seperti cuka dan brus kecil. Pertama siram ketel dengan cuka diamkan sejenak kemudian sikat dengan brush kecil agar noda yang menempel luruh

Nah, berdasarkan fakta lapangan yang demikian sebaiknya lebih berhati-hati untuk menggunakan fasilitas di hotel seperti ketel kopi tersebut. Jika sembarangan pakai bisa-bisa jatuh sakit karena banyaknya bakteri yang menempel. 

Mahalnya tarif hotel sekalipun belum bisa menjamin akan kebersihan kamar hotel. Jadi diharapkan untuk bersikap kritis agar bisa menempati hotel dengan aman dan nyaman. Selalu waspadalah akan kebersihan dimanapun kamu berada!

Jika Anda sedang mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau untuk mengisi liburanmu, yuk segera booking Liberta Hotel sekarang juga. Terletak di 3 kota besar, yaitu Seminyak, Jogja, Kemang, Blok M. Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.