Kamar adalah sebuah tempat yang sangat privasi. Karena tidak sembarang orang bisa nyelonong masuk begitu saja tanpa izin pemilik terlebih dahulu. 

Begitu pula saat menginap di kamar hotel, perlu lebih waspada apabila terdapat kamera pengintai yang letaknya tersembunyi. Tentu saja itu sangat mengganggu kenyamanan para pengunjung hotel.

Pemasangan kamera pengintai sudah dilarang sejak lama. Meski begitu tetap saja masih ada orang iseng yang memasangnya. Beberapa penginapan yang iseng justru sengaja memasangnya di kamar para pengunjung hotel. 

Mereka berdalih pemasangan kamera cctv hanya untuk pengawasan hotel saja, namun ada saja oknum nakal yang menyalahgunakan fungsi tersebut. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui beberapa cara untuk mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi tersebut. Berikut penjelasannya

Periksa Kamar Hotel

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memasuki kamar hotel adalah membaca semua ketentuan dan syarat yang berlaku di hotel tersebut. Mungkin saja keberadaan kamera pengintai tersebut masuk ke dalam daftar syarat suatu hotel. 

Jika tidak terdapat dalam ketentuan, cek sekeliling kamar hotel supaya tidak ada kamera tersembunyi yang merekam aktivitas fisik selama menginap.  Periksa semua situasi kamar mulai dari sudut ruangan, benda-benda besar bahkan yang kecil sekalipun. Barangkali kamera disembunyikan di tempat yang tidak dijangkau tersebut.

Matikan Lampu Ruangan

Kamera cctv umumnya mempunyai lensa yang dapat memantulkan cahaya. Langkah yang harus anda lakukan adalah mematikan semua lampu di kamar kemudian hidupkan senter dan arahkan senter ke semua sudut ruangan. 

Apabila ada pantulan cahaya, cobalah untuk menghidupkan kembali lampu ruangan agar memastikan apakah benda itu benar kamera atau bukan. Selain pantulan cahaya, kamera juga memiliki lampu deteksi berwarna merah yang berkedip.

Namun, masih banyak yang kesulitan dalam memeriksanya. Maka untuk semakin mempermudah anda bisa mengunduh aplikasi pendeteksi kamera di google play store.

Pindai Jaringan Wifi

Kini kamera pengintai sudah dilengkapi dengan koneksi wifi. Nah, tujuan adanya wifi tersebut adalah untuk memudahkan dalam mentransfer data berupa video ke perangkat yang dihubungkan.

Cara untuk mendeteksi koneksi wifi tersebut adalah dengan menghidupkan wifi pada perangkat Anda, apabila terdapat koneksi wifi dari kamar anda namun sulit tersambung maka anda patut menaruh curiga mungkin saja itu adalah koneksi dari wifi kamera tersembunyi yang ada di kamar hotel.

Lepas Sambungan Kabel Perangkat

Saat menginap di hotel biasanya dapat dengan mudah menemukan berbagai perangkat. Dimana perangkat tersebut pastinya memiliki sambungan kabel untuk menghubungkannya. Namun apabila anda merasa curiga pada suatu perangkat, maka sebaiknya cabut saja sambungan kabel ke perangkat tersebut. 

Tutup Benda Mencurigakan dan Lapor

Apabila saat melakukan pengecekan terdapat kecurigaan pada suatu benda yang diduga adalah kamera pengintai, sebaiknya tutup benda tersebut dengan kain seperti sprei atau taplak meja. 

Setelah menutupnya, segeralah melapor kepada pihak hotel. Namun, jika merasa hal tersebut sangat keterlaluan dan merugikan segera melapor kepada pihak berwajib untuk segera menyelesaikannya.

Pada dasarnya penggunaan kamera ada undang-undangnya. Sehingga tidak bisa dipasang secara sembarangan apalagi menyangkut hal privasi seseorang. Jika terbukti melanggar maka pihak hotel pasti akan dikenakan sanksi tegas. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan hotel terkait bahkan bisa berpengaruh pada nama baik hotel.

Gunakan tips di atas untuk melacak keberadaan cctv walaupun diletakkan di tempat tersembunyi sekalipun. Berhati-hati dan teliti setiap kali Anda memutuskan untuk Check in di suatu hotel.

Jika kamu sudah mengetahui tips melacak kamera tersembunyi di kamar hotel. Kini saatnya Anda memilih kamar hotel dengan keamanan yang terjamin, yaitu di Liberta Hotels. Terletak di 3 kota besar, yaitu Seminyak, Jogja, Kemang, Blok M. Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.