Saat bepergian jauh dari rumah tentunya hotel dipilih sebagai rumah kedua untuk tempat beristirahat. Anda bebas memilih hotel mana yang hendak anda singgahi tergantung selera hati. Namun di hotel manapun yang Anda singgahi, ada etika yang mesti anda patuhi demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Tidak semua tindakan yang mungkin biasa anda lakukan di rumah, bisa anda lakukan pula di hotel. Apabila ketahuan melanggar aturan yang ada di hotel anda bisa dikenakan sanksi tegas loh. Oleh karena itu, perhatikan hal dilarang saat menginap di hotel berikut ini demi kenyamanan bersama.

1. Merusak Perabotan Hotel Dan Merahasiakannya

Kamar rusak
Sumber: pixabay.com

Dalam sebuah kamar hotel tentunya dilengkapi beberapa perabotan seperti vas bunga, lemari, tempat tidur, selimut dan lainnya. Mungkin anda pernah tanpa sengaja merusak perabotan hotel tersebut. Endah itu menjatuhkan vas bunga, membuat robek selimut atau tindakan ceroboh lain.

Jika Anda yang merusaknya pastinya dengan seketika anda akan merasa panik dan cemas. Sehingga anda takut untuk melapor kepada housekeeping dan memilih untuk diam dan merahasiakannya. Hal ini tidak boleh dilakukan karena selain merugikan diri sendiri juga merugikan pihak hotel.

2. Memasak Dengan Peralatan Tidak Semestinya

Chef Memasak
Sumber: pixabay.com

Saat berkeliling kota untuk menghemat biaya pengeluaran biasanya memilih untuk memasak makanannya sendiri. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak alat masak portable yang mudah dibawa kemana mana termasuk hotel.

Namun, tidak semua hotel disediakan tempat masak di kamarnya. Bukan tak ada alasan mereka tak membuat dapur di dalam kamar, ada alasan khusus yaitu mencegah penyebab timbulnya kebakaran. 

3. Meninggalkan Perhiasan Atau Bawaan Berharga Di Koper Atau Lemari

Lemari rusak
Sumber: pixabay.com

Ketika bermalam di hotel mungkin anda menyangka bahwa dengan menyimpan perhiasan ataupun barang bawaan berharga lainnya di koper ataupun lemari adalah aman. Padahal bisa saja datang pencuri mengambil benda tersebut. 

Untuk menghindari hal yang diinginkan tersebut terjadi, ada baiknya benda berharga tersebut dibawa kemanapun anda pergi atau titipkan saja di loker penitipan barang. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga barang bawaan tetap aman dari pencurian.

4. Lupa Memeriksa Tempat Tidur

Kamar tidur berantakan
Sumber: pixabay.com

Biasa akibat capek seharian traveling membuat anda buru-buru untuk lekas beristirahat di kasur. Padahal, kita sebelumnya tidak tahu ada apa aja di atas kasur tersebut. Makanya periksalah sebelum menggunakannya begitu pula sebaliknya saat hendak meninggalkan kamar. Periksalah dengan seksama apakah ada barang tertinggal atau tidak.

5. Menjaga Pintu Kamar Mandi Terbuka Saat Mandi

Bathup
Sumber: pixabay.com

Kamar mandi merupakan tempat yang bersifat privat. Tak boleh ada seorangpun yang bisa bebas masuk kecuali ada hubungan pernikahan. Ada baiknya periksa dengan benar apakan pintu sudah terkunci rapat atau masih terbuka.

Apabila tanpa disadari pintu kamar mandi belum tertutup rapat kemudian ada hang tiba tiba datang tentu saja anda akan kebingungan mencari tempat sembunyi agar tidak malu karena terlihat.

6. Tetap Menggunakan Bantal Bernoda dan Bau

Handuk Bau
Sumber: pixabay.com

Sebelum tidur, jika anda melihat sarung bantal kotor dan bau maka jangan langsung dipakai. Namun segera laporkan kepada housekeeping agar langsung diganti dengan yang sarung bantal yang baru. 

Noda tersebut mungkin saja karena pengunjung sebelumnya yang membuatnya dan housekeeping tidak terlalu memperhatikannya. Atau mungkin karena mencucinya yang kurang bersih. 

Nekat menggunakan sarung bantal yang kotor dapat memungkinkan anda terkena alergi seperti gatal-gatal. Segera hindari dan jangan langsung digunakan. Nah, itulah tadi beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika sedang menginap di hotel. Jika tetap Anda lakukan, mungkin saja akan dikenakan sanksi dari pihak hotel.

Setelah mengetahui hal – hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat menginap di hotel, saatnya Anda memilih hotel yang menyediakan tempat paling nyaman dan indah, yaitu Liberta Hotel. Terletak di 3 kota besar, yaitu Seminyak, Jogja, Kemang, Blok M. Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.