Sabtu, Juni 25

Tahukah Kamu, Barang Yang Boleh Dibawa Saat Staycation di Hotel?

Sudah tahukah kamu barang apa saja yang boleh dibawa masuk saat kamu staycation di hotel? Jangan sampai nanti malu-maluin dan nampak udiknya ya. Kamu harus memperhatikan dengan seksama bahwa ada beberapa barang yang sebaiknya tidak kamu bawa masuk ke dalam hotel tersebut. Terdapat pula beberapa etika yang harus travelers perhatikan agar tidak malu-maluin. Berikut penjelasannya!

1. Gunakan Sendal Hotel Hanya di Dalam Kamar Hotel

sandal hotel
Sumber: pixabay.com

Begini ya sobat. Sendal hotel dirancang tipis bertujuan agar dapat melapisi kaki kamu dari dinginnya lantai ubin hotel. Gunakan hanya di dalam kamar saja. Jangan menggunakannya untuk berbagai aktivitas di luar hotel.  Hal ini dianggap tidak sopan, terlebih jika kamu berada di luar negeri. Gunakan sandal pribadi kamu untuk melakukan berbagai kegiatan di luar kamar hotel. Selain itu, kamu menjadi terkesan udik. Duh malu-maluin bukan?

2. Bersikap Sopan kepada Staff Hotel

Jangan mentang-mentang tamu adalah raja, jadi kamu bersikap seenaknya kepada staff hotel yang sedang bertugas. Tetaplah bersikap sopan kepada mereka. Bertanyalah dengan nada yang lembut dan wajah yang ramah. Semakin ramah tamu, maka semakin baik pelayanan yang akan didapatkannya. Bila perlu berikan mereka fee tambahan sebagai bentuk rasa terima kasih karena sudah melayani dengan baik.

3. Mengetahui Barang Apa Saja yang Boleh Dibawa Pulang

Barang-barang hotel yang boleh kamu bawa pulang adalah sikat gigi, sabun, shampoo, sandal hotel dan perlengkapan lainnya. Eits handuk tidak boleh di bawa pulang ya. Semua pernak-pernik cantik yang berada dalam kamar hotel juga tidak boleh di bawa pulang. Jika kamu membawa barang yang tidak boleh di bawa pulang, kamu akan disebut sebagai maling dan akan mendapatkan sanksi tegas.

4. Tidak Membawa Makanan Berbau Menyengat

durian
Sumber: pixabay.com

Saat staycation di hotel, kamu dilarang membawa makanan yang berbau menyengat seperti durian. Sesuka apapun kamu dengan durian, makan saja di tempat kamu membelinya. Jika membawanya ke hotel, bau durian akan menganggu pengunjung lain. Belum lagi nanti petugas cleaning service hotel akan kesulitan menghilangkan baunya. Kasihan sekali bukan?

5. Memperhatikan Kondisi Kamar Sebelum Check Out

Sebagai pengguna jasa yang mendapatkan pelayanan terbaik, kamu juga harus memberikan balasan terbaik saat hendak check out. Gulung selimut dan keluarkan sarung bantal. Lalu jadikan satu gulungan agar meringankan beban cleaning service. Selain itu, ada baiknya jika merapikan kamar sebagaimana kamu datang. Jangan karena kamu membayar lantas berlaku seenaknya.

6. Complain pada Tempatnya

Nah, hal penting yang harus kamu lakukan ketika memiliki segudang unek-unek adalah menyampaikannya langsung kepada staff yang bertugas. Biasanya ada beberapa hotel yang menyediakan kotak kritik dan saran. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menumpahkan semua hal yang kamu rasakan tentang pelayanan yang kurang memuaskan. Jangan biasakan complain melalui media sosial ya, karena imbasnya sangat buruk bagi hotel tersebut. Berikan kesempatan kepada mereka untuk memperbaikinya. Jangan menjatuhkan reputasi yang susah payah mereka bangun.

7. Berikan Uang Tips

uang tip
Sumber: pixabay.com

Sebagai bentuk terima kasih dan sikap saling menghormati, berikan uang tips tambahan. Letakkan di bawah telephone atau di atas meja dengan memberikan ucapan terima kasih karena telah bekerja keras untuk para tamu. Hal ini akan sangat berharga untuk membayar rasa lelah mereka membersihkan puluhan kamar hotel.

Setelah mengetahui beberapa etika ketika menginap di hotel, terapkan semua poin diatas agar kamu menjadi tamu yang baik. Jika kamu melakukan hal baik, maka kamu akan mendapatkan yang lebih baik!