Sabtu, Juni 25

10 Tempat Wisata yang Menarik di Malioboro Yogya Untuk Mengisi Waktu Liburmu

Siapa sih yang tidak tahu kawasan Malioboro Jogja? Tentu, semua sudah tahu bukan? Yup, kawasan Malioboro ini telah menjadi jantungnya kota Yogyakarta. Bahkan, sebagian orang merasa belum komplit, ketika melipir ke Jogja namun belum datang ke Malioboro. Namun, dibalik itu semua tersimpan berbagai sejarah panjang mengenai Malioboro.

Menikmati keindahan Malioboro tentu menjadi hal yang sangat memanjakan mata. Terlebih jika kamu memiliki keinginan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Malioboro, maka dari itu kamu perlu mengetahui berbagai daftar destinasi wisata menarik berikut ini.

1. Kampung Wisata Sosromenduran

Lokasinya terletak di pertengahan kota, dimana tempat ini telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Terlebih lagi, Kampung Wisata Sosromenduran ini letaknya hanya sekitar 800 meter saja, jadi dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Jika kamu mencari oleh-oleh khas Yogyakarta, kamu dapat dengan mudah menemukannya di daerah ini, terlebih untuk oleh-oleh khas Yogyakarta.

2. Masjid Siti Dzirjanah

masjid siti dzirjanah
Sumber: Google Business (by MOH. ARIF SUGIYANTO Arif)

Obyek wisata selanjutnya adalah Masjid Siti Dzirjanah, masjid ini dibangun dengan corak bangunan ala Tiongkok. Selanjutnya fasad Masjid Dzirjanah ini juga juga telah dipasangi dengan tulisan berbahasa Mandarin, yang memiliki makna tersendiri. Dibawah Masjid Dzirjanah terdapat jam dalam ukuran raksasa yang berbentuk lingkaran, dan bubungannya sangat persis kelenteng.

3. Hamzah Batik

Selanjutnya adalah Hamzah Batik, Hamzah Batik merupakan salah satu tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Malioboro Jogja, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Surganya batik dan berbagai bentuk cinderamata bisa kamu dapatkan disini! Macamnya pun sangat beragam sekali, berbagai jenis batik yang siap ditawarkan juga menawarkan berbagai kualitas yang bagus dan kompetitif.

4. Tugu Pal Putih

tugu pal putih jogja
Sumber: Google Business (by Monumen Tugu Yogyakarta)

Tempat wisata lain yang dapat kamu kunjungi di Malioboro adalah Tugu Pal Putih atau yang disebut sebagai Monumen Tugu Yogyakarta.

Tugu Pal Putih terdapat di tengah Kota Yogyakarta dan selalu tampak ramai karena dilewati kendaraan. Jaraknya cukup dekat dari Malioboro yakni 1 – 3 kilometer (km) dan bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki mulai dari 15 menit.

Monumen ini didominasi dengan warna putih mempunyai nilai filosofis sendiri dan menjadi bangunan yang telah menghubungkan berbagai obyek wisata di Malioboro seperti Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi.

5. Taman Pintar

Selanjutnya adalah Taman Pintar, saat memasuki tempat yang satu ini, kamu akan dibuat takjub dengan berbagai wahana. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata bersama keluarga. Yuk, kunjungi tempat menarik yang satu ini!

6. Titik Nol Kilometer

titik nol kilometer jogja
Sumber: Google Business (by Eko Tri wibowo)

Memiliki nama yang cukup unik, tempat ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki selama 15 menit. Tempat wisata ini dimanfaatkan untuk acara tertentu, seperti pertunjukan live music, tari, dan lain sebagainya.

Terdapat pula spot foto berlatar bangunan bersejarah, dengan arsitektur khas Belanda yang kini masih berdiri kokoh.

7. Museum Sonobudoyo

Tempat wisata selanjutnya yang berada di dekat Malioboro Jogja adalah Museum Sonobudoyo, memiliki peranan dalam mengelola, mengembangkan koleksi-koleksi purbakala, serta memberikan bimbingan edukatif serta mendokumentasikan sejarah peninggalan benda antik yang memiliki nilai budaya tinggi.

Museum ini dapat dikunjungi setiap hari Selasa – Minggu dengan jam operasional yang dapat dikatakan variatif.

8. Alun-alun

alun-alun kidul jogja
Sumber: kratonjogja.id

Lokasi objek wisata yang satu ini persisnya berada di belakang Keraton Jogja. Tak kalah keren, tempat wisata yang satu ini juga menawarkan beragam transportasi hias seperti becak dengan tarif 30 ribu untuk sekali putaran.

Alun-alun ini juga menjadi tempat favorit bagi masyarakat dan para wisatawan, lho. Tertarik untuk mengunjungi alun-alun Yogya?

9. Museum Kereta

Selanjutnya ada Museum Kereta, disini terdapat banyak sekali koleksi bersejarah milik Keraton Kesultanan, mulai dari kereta kuda yang dulunya adalah transportasi utama yang ada di keraton, dan masih banyak lagi. Banyak keistimewaan yang bisa kamu peroleh dengan mengunjungi tempat ini, karena kamu dapat memperoleh pengalaman yang luar biasa, karena dapat melihat berbagai peninggalan sejarah yang masih dijaga dengan apik.

10. Keraton Yogyakarta

keraton jogja
Sumber: instagram.com/@kratonjogja

Selanjutnya ada Keraton Yogyakarta, yang lokasinya terdapat di Jalan Rotowijayan blok no.1, Panembahan Kraton Yogyakarta. Atau bisa ditemui di sebelah selatan jalan malioboro. Sampai saat ini pun Keraton Yogyakarta kerap dijadikan tempat wisata favorit bagi para wisatawan lokal dan mancanegara.

Jadi, kamu mau mau mengisi waktu liburan di Yogyakarta kemana? Ya, Yogyakarta punya banyak spot tempat seru yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Kamu bisa mengambil foto-foto instagramable sambil berwisata di Yogyakarta.

Jika Anda sedang mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau di sekitar Malioboro, yuk segera booking Liberta Hotel Jogja sekarang juga. Terletak strategis di Malioboro, Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.