Posts

mrt blok m

Nostalgia Jalan Sore di Blok M yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Buat anak Jaksel mungkin udah gak asing lagi sama Kawasan Blok M. Tempat yang terkenal sebagai tempat nongkrong para pemuda 80an, tak heran kalo tempat ini menyimpan banyak sekali cerita di masa lalu.

Banyak aktivitas seru yang dulunya bisa di lakukan di kawasan ini, mau makan dan belanja barang antik bisa ke Blok M Square, mau cari kuliner Jepang pun bisa langsung ke Little Tokyo.

Secara lokasi Blok M terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbatasan langsung dengan Jalan Iskandarsyah, Jalan Falatehan, Jalan Bulungan, dan Jalan Melawai.

Banyak fasilitas yang kini dibangun untuk meningkatkan eksistensi Blok M yang sempat mengalami pasang surut, seperti Stasiun MRT Blok M dan beberapa fasilitas publik yang mulai direnovasi.

Bahkan yang terbaru adalah hadirnya M Bloc Space yang jadi tempat nongkrong baru di Kawasan Blok M. Bangunan M Bloc Space sendiri memiliki konsep interior bergaya vintage dengan arsitektur tropis 1950an.

Sejarah Kawasan Blok M

Blok M sendiri sebenarnya merupakan kawasan pemukiman dengan konsep Kota Taman yang dirancang oleh Belanda pada sekitar tahun 1947an.

Sejak awal berdiri, kawasan Blok M sebenarnya bernama Kebayoran. Kawasan ini dibangun sebagai satelit dari Weltevreden yang sudah padat penduduk, menganut konsep taman kota yang telah ada lebih dulu di Menteng.

Kawasan kebayoran kemudian dibagi menjadi blok-blok berbeda dengan taman kecil salah satunya pada Blok M sendiri sebagai blok komersil.

Seiring berkembangnya waktu, banyak tempat yang cukup terkenal dibangun di kawasan Blok M seperti mall pertama di Jakarta yaitu Blok M Square (dulu bernama Aldiron Plaza).

Bahkan sejak saat itu banyak mall dan tempat hiburan di bangun di kawasan Blok M disusul dengan hadirnya Plaza Blok M, Melawai Plaza, hingga yang terbaru adalah M Bloc Space.

Pada tahun 80an-90an, tak sedikit anak muda ibukota yang nongkrong di Blok M, aktivitasnya pun beragam seperti main bowling di Aldiron Plaza, wisata kuliner, atau cuma sekedar nongkrong aja.

Bahkan banyak tempat legendaris itu yang masih buka hingga sekarang, makanya gak heran kalo beberapa orang nostalgia jalan-jalan sore menghabiskan waktu di kawasan Blok M untuk mengenang masa masa muda.

Pesona Blok M yang Seakan Tak Ada Habisnya

blok m square
Sumber: blokmsquare.co.id

Meski tak seramai pada 80an – 90an, namun pesona Blok M seakan tak pernah ada habisnya. Lokasinya pun juga sangat strategis karena terdapat MRT di kawasan ini sehingga akan memudahkan akses warga luar Jakarta Selatan menuju Blok M.

Dengan fasilitas yang semakin memadai, kamu bisa menghabiskan waktu jalan-jalan sore di kawasan ini karena banyak sekali spot yang bisa kamu kunjungi.

Mulai dari sekedar nostalgia, foto-foto di ruko kosong, mencari hiburan, wisata kuliner, berbelanja, hingga hunting barang-barang antik di Blok M Square.

Salah satu tujuan nongkrong anak muda yang lagi ngehitz di Blok M yakni M Bloc Space yang menjadi wadah dan ruang kreatif para pemuda di Jakarta Selatan.

Bekas kompleks Perumahan PERURI itu menyimpan banyak hal seru didalamnya, terdapat beberapa lukisan mural di setiap sudut tembok sehingga bisa jadi spot foto yang menarik.

Selain itu berjejer cafe, restoran, dan tak jarang ada pertunjukan musik di belakang kompleks sehingga akan menambah cerita seru ketika nongkrong bareng temen.

Nah, buat kamu yang berencana jalan-jalan sore di Blok M pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku ya.

Jika Anda sedang mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau di sekitar Jakarta Selatan, yuk segera booking Liberta Hotel Blok M sekarang juga. Terletak strategis di Blok M, Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda.