Posts

pasar beringharjo jogja

Pasar Beringharjo, Pasar Legendaris Yogyakarta

Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua di Yogyakarta sebagai tempat jual beli sejak tahun 1758 yang erat kaitanya dengan nilai historis dan filosofis Kraton Yogyakarta.

Pasar Beringharjo memiliki makna sebagai “Hutan Pohon Beringin” yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya.

Barang yang ditawarkan di pasar ini juga semakin lengkap dan berkembang, mulai dari batik, jajanan pasar, berbagai makanan tradisional hingga kerajinan tangan ada di sini.

Sebagai pasar yang punya sejarah panjang, tak heran jika Pasar Beringharjo punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal hingga mancanegara.

Sejarah Berdirinya Pasar Beringharjo

Wilayah Pasar Beringharjo pada mulanya merupakan Hutan Beringin yang cukup lebat. Namun tak lama setelah berdirinya Kraton Jogja pada tahun 1758, wilayah ini dijadikan transaksi ekonomi oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Sedangkan untuk nama Beringharjo sendiri diberikan setelah bertahtanya Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada 24 Maret 1925.

Nama Beringharjo sendiri dinilai sangat tepat karena wilayah pasar ini merupakan bekas hutan beringin dan pohon beringin merupakan lambang pengayoman dan kebesaran bagi banyak orang.

Pesona Pasar Beringharjo Yang Tak Ada Habisnya

pasar beringharjo jogja
Sumber: Google Business (by Khairul Refan Subekti)

Pasar Beringharjo terletak di jantung Kota Yogyakarta di antara Jalan Malioboro dan Kraton Yogyakarta. Tak heran karena lokasi yang cukup strategis inilah yang membuat Pasar Beringharjo tak pernah sepi dari pengunjung.

Selain warga sekitar, kini Pasar Beringharjo telah bertransformasi menjadi destinasi tujuan wisatawan. Entah untuk sekedar menikmati kuliner di sana ataupun untuk berbelanja.

Di dalam pasar ini terdapat berbagai kios dan lapak pedagang yang menjual berbagai pernak-pernik, pakaian, bahkan kuliner tradisional Khas Jogja.

Selain menjual barang, pasar ini punya beberapa pertunjukan, sepertu Raminten Cabaret Show yang dimainkan oleh beberapa transgender sebagai bintang utama.

Tak jauh dari pasar ini, kamu dapat mengunjungi destinasi lain seperti Museum Benteng Vredeburg dan Taman Pintar Yogyakarta.

Produk Unggulan Pasar Beringharjo

suasana pasar beringharjo
Sumber: Google Business (by Very)

Salah satu daya tarik Pasar Beringharjo adalah koleksi berbagai produk menarik yang bisa dibeli dan nikmati oleh wisatawan.

Pakaian Tradisional dan Batik Beraneka Ragam

Pasar Beringharjo memang sudah sangat terkenal dengan koleksi Batik yang beraneka ragam, mulai batik kain maupun yang sudah jadi pakaian.

Batik yang masih berbentuk kain bisa kamu jumpai di los pasar bagian barat sebelah utara, sementara batik yang sudah berbentuk pakaian bisa ada di pasar bagian utara.

Selain itu pasar ini juga menawarkan pakaian tradisional seperti blangkon, surjan, kebaya hingga sarung tenun. Bahkan berbagai jenis aksesoris, sandal dan tas bisa ditemui di pasar ini.

Aneka Barang Antik dan Unik

Pasar Beringharjo juga menyimpan barang antik yang bisa kamu beli seperti mesin ketik tua, helm buatan tahun 60-an, dan lain sebagainya.

Selain itu, wisatawan dapat berburu beberapa barang bekas berkualitas seperti Tas Impor, Sepatu Impor, dan lain sebagainya. Pusat penjualan barang antik sendiri terdapat di lantai 3 pasar di bagian timur pasar.

Aneka Jajanan Pasar

Di Pasar Beringharjo juga terdapat berbagai macam jajanan pasar Khas Yogyakarta yang dikemas dengan cara unik. Seperti Kue Kipo, Pecel Urap, Mendut Dan Mega Mendhung, hingga Legomoro.

Tips Berbelanja di Pasar Beringharjo

Sama seperti saat berbelanja di pasar tradisional, tawar menawar menjadi salah satu pemandangan umum yang  biasa terjadi. Kamu bisa mendapatkan barang dengan harga termurah dengan skill negosiasi yang baik.

Selain itu jika kamu bisa berbahasa jawa kamu bisa menggunakannya saat berbelanja karena biasanya kamu akan dilayani lebih ramah serta mendapatkan harga barang yang lebih murah.

Nah saat transaksi pastikan kamu membawa pecahan uang tunai untuk mempersingkat waktu, seperti pecahan 2000-an, 5000-an, dan 10.000-an karena penjual tidak selalu memiliki uang kembalian.

Sedangkan untuk mendapatkan berbagai kuliner Khas Yogyakarta yang masih fresh, kamu bisa datang lebih pagi saat para pedagang baru membuka lapak mereka.

Terakhir untuk keamanan saat berbelanja, pastikan kamu menyimpan dompet dan barang berhaga lainnya di tempat yang aman.

Misalnya untuk dompet bisa kamu letakkan pada tas slempang yang ditaruh di dada. Pastikan untuk selalu memperhatikan barang bawaan kamu saat berkeliling pasar.

Jika Anda sedang mencari hotel yang nyaman dengan harga terjangkau di sekitar Malioboro, yuk segera booking Liberta Hotel Jogja sekarang juga. Terletak strategis di Malioboro, Liberta menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan mengesankan bagi liburan Anda